Minggu, 22 Januari 2012

Tips Agar Tetap Bugar Dicuaca Yang Ekstrim

http://treeoflifechiro.ca
Januari memang menjadi awal tahun yang membahagiakan untuk kita dan keluarga.  Namun Januari juga sebagai bulan yang penuh dengan hujan. Khusus Januari di Tahun 2012 ini cuaca menjadi sangat ekstrim. Mengapa ? Kamu pasti sudah tahu. Untuk itu disarankan sebaiknya jika datang hujan lebat beserta angin kencang sebaiknya kita tidak berteduh di bawah pohon tua, atau papan reklame. Cuaca ekstrim selain mengancam kesalamatan kita di luar rumah, tentunya juga mengancam kesehatan kita. Penyakit yang langganan datang di cuaca
seperti ini adalah penyakit FLU, diare, bahkan, tipus. Penyakit yang datang karena memanfaatkan kondisi daya tahan tubuh kita yang kurang baik akibat diterpa hujan dan angin setiap hari. Jadi nanti dulu deh minum obat apalagi dengan dosis tinggi untuk mengobati penyakit langganan hujan, karena hanya merugikan tubuh kita saja.

Lebih baik kita berusaha keras untuk meningkatkan daya tahan tubuh meski di cuaca ekstrim. Ini dia tipsnya semoga bermanfaat:

1. Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup, kurangi merokok dan begadang yuk! Kalo itu terasa sulit, silakan dengerin lagi lagunya Bang Roma (hehehe...Ter La Lu). Tidur minimal 5 jam dalam satu hari dan tidak lebih dari 8 jam. Jadi tubuh kita punya kesempatan untuk mendaur ulang lagi sel-sel yang mati dan mencetak daya tahan tubuh yang baru.

2. Konsumsi makanan bergizi
Sebaiknya kita mulai memilih dan memilah makanan hanya yang menguntungkan kesehatan saja. Hindari makanan pinggir jalan karena berpotensi menyebabkan diare, serta biar perlu tambahkan dengan suplemen makanan. Untuk alasan ini didukung deh buat kamu yang suka bawa bekal makanan bikinan mama di rumah.

3. Sedia Payung Sebelum Hujan
Jika mau menggunakan roda dua untuk ke kampus atau ke kantor maka sediakan jaket tebal dan jas hujan. Jika naik Bis Kota, maka setidaknya sudah siap dengan payung kecil dan jaket. Jika naik mobil pribadi mulai naikan tempratur AC jangan terlalu dingin. Itulah hebatnya manusia, tubuhnya tidak pandai beradaptasi dengan cuaca yang cepat berubah. Tetapi akalnya mampu membuat berbagai alat dan pakaian untuk segera beradaptasi dengan kondisi alam yang selalu berubah.

4. Olah Raga Teratur
Olah Raga terbukti meningkatkan daya tahan tubuh. Sebaiknya pilih olah raga yang sesuai dengan kemampuan tubuh kita supaya tidak berlebihan yang justru membuat sakit. Olah raga juga membuat kamu yang meroko bisa perlahan meluapakannya. Olah raga yang paling ideal untuk dipilih adalah "Joging". Karena memberi asupan sehat untuk badan, hati, dan mata kita (hehehe..).



Sumber: http://gudangcinta.com/gudang-tips/94-tetap-bugar-meski-cuaca-ekstrim.html

Artikel Menarik Lainnya: