Minggu, 12 Februari 2012

Pesona Pantai Krakal, Salah Satu Pantai Terindah di Pulau Jawa

Salah satu pantai yang harus dikunjungi saat Anda ingin atau sedang melakukan kunjungan wisata pantai di daerah Kabupaten Gunungkidul adalah Pantai Krakal.

Pantai ini akan memberikan semua hal yang dibayangkan sebagai sebuah panorama pantai. Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Krakal, terlihat keindahan pemandangan bukit-bukit kapur bersama bongkahan-bongkahan batu karang.

Pantai Krakal sendiri terkenal sebagai pantai yang relatif rendah sehingga membuat sinar matahari menimbulkan cakrawala pantai. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun dengan angin laut yang terhembus sangat sejuk, dengan ombak yang cukup besar. Juga memiliki pasir pantai yang halus terhambar memanjang di tepian pantai sejauh 5 km
.

Ada banyak aktifitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di sini. Misalnya, bermain dengan ombak laut di sepanjang bibir pantai atau mencari ikan hias di bibir pantai Krakal yang berlumut.

Perjalanan menuju pantai Krakal harus melintasi bukit-bukit kapur, diselingi dengan teras-teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah Krakal yang penuh dengan bebatuan karst.

Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan. Lambat laun terjadi proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Oleh sebab itu daerah ini dipenuhi oleh batu-batuan karang yang merupakan hasil pengangkatan dari dasar laut.

Pantai Krakal terletak kira-kira 21 kilometer dari Wonosari, lokasinya terletak sekitar 7 km ke timur dari jalan utama yang bercabang ke pantai Baron. Untuk menuju pantai ini bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan.















Sumber: Tuanmuda.us

Artikel Menarik Lainnya: